Arsip

Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Buku SD/SMP

November 17, 2010 Tinggalkan komentar

Waduh kalau ingat ketika masa-masa Sekolah Dasar (SD) rasanya pengen banget ngulang  (maksudnya mau ngerasain gimana dulu main sama temen2, main bola, lari-larian, main bentreng, main kasti, study tour and so on) hehehe…tapi itu nggak mungkin, waktu sudah berlalu. Bicara mengenai buku pelajaran nih…Kalau dulu dibandingkan sekarang namanya buku pelajaran tuh pasti ke pakai dari turun temurun…dari kakak ke adik dari adik ke adiknya lagi,  yang namanya punya buku pelajaran ya itu aja (masih dipakai lagi) hitung-hitung meminimalisir pengeluaran orang tua kita, jarang beli pula. Tapi zaman sekarang mana ada buku pelajaran di turunkan ke orang lain, susah banget.

Kurikulum tiap tahun selalu ada perubahan dan penyesuaian, menambah materilah yang sedikit tambah banyak, yang mudah makin rumit yang mau nggak mau otak bekerja lebih ekstra lagi. Pelajaran SD sekarang kayak pelajaran SMP. Bisa kita lihat sekarang ini anak SD kalau bawa tas ke sekolah ampuuuun deh, berat banget….ya itu tadi buku pelajaran yang makin lama makin tebal, karena materi yang disajikan juga banyak, mau sekolah malah mau kayak kemping. Nah ini beberapa buku pelajaran SD dan SMP yang mungkin anda masih ingat atau masih disimpan, yaa sebagai pengingat masa-masa Sekolah dulu…

Kategori:Uncategorized Tag:

Islamic Widget

Oktober 23, 2010 Tinggalkan komentar

Kategori:Uncategorized

Amy Search Inka Christie Jangan Pisahkan

Juli 6, 2010 Tinggalkan komentar
Kategori:Uncategorized

Manfaat Buah Pisang

Juni 17, 2010 2 komentar

Buah Pisang :

Mengandung tiga jenis gula alami – Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa yang dikombinasikan dgn FIBER, Pisang memberikan tambahan sokongan energi yg langsung cukup banyak. Penelitan telah membuktikan bahwa dengan hanya dua buah pisang mendukung energi yang cukup utk kuat selama 90 menit. Tidak heran mengapa pisang merupakan buah nomor satu yang banyak dikonsumsi oleh atlit dunia.  Namun bukan hanya energi yg dihasilkan, buah pisang juga dapat menjaga tubuh selalu fit. Dan membantu utk mencegah beberapa penyakit, diperlukan untuk menambah diet harian kita.

Depresi:

Berdasar survey terbaru oleh “MIND” terhadap orang yang mengalami Depresi, banyak yang terbantu setelah mengkonsumsi buah pisang.  Oleh karena pisang mengandung Tryptphan, sejenis protein yg diatur tubuh menjadi Serotonin, diketahui dapat membawa efek relax, menambah suasana hati pada umumnya menjadi lebih baik.  PMS (Sindrom yg terjadi pada banyak wanita mulai 2 s/d 14 hari sebelum menstruasi) : Lupakan obat-obatan – makanlah buah pisang. Vitamin B6 yg terkandung mengontrol tingkat glukosa darah, yg dapat mempengaruhi kondisi tubuh lebih baik.  Anemia (Kekurangan darah) : Tinggi zat besi, buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) dan membantu kasus penyakit ANEMIA

TEKANAN DARAH :

Buah unik tropis ini mengandung zat potassium yg cukup tinggi dan rendah garam, membuat tekanan darah menjadi lebih baik. Dan banyak lagi, sebuah perusahaan Makanan dan Obat-obatan di Amerika Serikat mengklaim buah pisang dapat mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan penyakit STROKE.

Brain Power:

Vitamin/Energi utk OTAK :  Penelitian juga memperlihatkan bahwa buah yg disertai zat potassium dapat membantu otot mata menjadi lebih awas.

SEMBELIT : Tinggi kadar fiber, dapat membantu program diet untuk mengempiskan bagian perut. membantu mengatasi masalah tanpa ber-efek murus-murus

RASA SAKIT :

Salah satu cara mudah/cepat mengobati rasa sakit adalah dengan membuat campuran buah pisang dengan milkshake, ditambahkan dengan madu. Buah pisang meredakan perut dan dengan bantuan madu dapat meredakan kadar gula, sedangkan susu selain menyegarkan juga membantu proses re-hidrasi sistem tubuh

SAKIT JANTUNG : Buah Pisang memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan jika anda menderita karena ada bagian yg sakit pada jantung, coba utk makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut.

RASA NYERI:

Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula anda untuk mengurangi rasa sakit/pegal2 sewaktu bangun pagi

GIGITAN NYAMUK : Sebelum menggunakan cream oles anti gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan tsb dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangi pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yg telah digigit oleh serangga.

URAT SYARAF : Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem URAT SYARAF

KELEBIHAN BERAT BADAN DAN BEBAN PEKERJAAN : Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada pekerjaan mendorong kita utk mengkonsumsi (lebih senang memakan) snack, coklat, keripik dsb. Memperhatikan dari 5000 pasien rumah sakit, ditemukan bahwasanya kebanyakan dari kasus obesitas (kegemukan) disebabkan oleh tekanan pekerjaan. Hasil laporan menyimpulkan bahwa untuk menghindari kecanduan makanan tersebut, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yg tinggi karbohidrat setiap 2 (dua) jam utk menjaga kadar gula tsb stabil

Bag.PENCERNAAN : Pisang digunakan sebagai makan diet mencegah gangguan pencernaan dikarenakan lembut/halusnya susunan/tekstur dari buah pisang tsb. Hanya buah mentah inilah yg dapat langsung dapat dimakan tanpa harus susah2 mengolahnya. Dan juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut kita.

PENGENDALIAN SUHU : Banyak pendapat yg menyatakan bahwa buah pisang ini sebagai penyejuk/penyegar yg dapat mengurangi baik secara fisik maupun emosional calon Ibu. Di negara Thailand sbg contoh, wanita hamil memakan pisang utk memastikan bahwa bayi yg akan lahir dengan kondisi SAD yg terkendali ( SAD = gangguan/kecemasan sang calon ibu): Buah pisang membantu penderita SAD karena mengandung Zat alami Tryptophan = asam amino yg mengandung protein utk pertumbuhan dan metabolisme yg normal sbg penghasil niasin (niasin : vitamin A, B utk fungsi normal system syaraf pembuangan).

MEROKOK : Buah pisang dapat membantu orang yg akan berhenti merokok, karena kandungan vitamin B6 dan B12 dan juga kandungan potasium dan magnesium membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat NIKOTIN STRES : Potasium merupakan mineral penting yg dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat kita sedang mengalami STRES (gangguan pikiran yg dapt mengakibatkan gangguan badan), tingkat metabolisme mjd naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yg kaya dgn kadar potasiumnya

STROKE (jenis penyakit yg diakibatkan kehilangan fungsi dari anggota atau bagian lain tubuh saat aliran oksigen dlm darah menuju otak terganggu): memakan buah pisang adalah bagian dari program DIET yg dapat mengurangi resiko kematian akibat STROKE sebanyak 40%.  Oleh karena itu memakan buah pisang merupakan pengobatan ALAMI utk pelbagai penyakit. Saat dibandingkan dengan buah APEL, pisang memiliki 4 kali lipat protein, 2 kali lipat zat karbohidrat, 3 kali lipat fospor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi, 2 kali lipat mineral dan vitamin lain. Juga kaya kadar potasium dan merupakan buah terbaik yg mudah didapat. Mungkin dapat dikatakan ” BUAH PISANG MEMBUAT KITA JAUH DARI DOKTER” karena kita selalu sehat.

Semoga bermanfaat….

Kategori:Uncategorized

Drs. Ir. Mbah Surip MBA

Juli 11, 2009 Tinggalkan komentar

Dengan rambut gimbal penuh asseories rasta ala penyanyi Reggae, serta dengan tawanya yang lepas Ha ha ha ha telah membuat Mbah Surip dikenal luas masyarakat Indonesia. Sewaktu dengerin lagunya, lucu banget dan sederhana sekali liriknya tapi tetap memiliki arti yang dalam. Namun siapakah sebenarnya Mbah Surip ini ? Bagaimana perjalanan hidupnya sehingga dapat menjadi orang terkenal saat ini ?

Profil Mbah Surip :

Nama Lengkap : Urip Ariyanto
Nama Beken : Mbah Surip
Tempat Lahir : Mojokerto, Jawa Timur
Tanggal Lahir : 5 Mei 1949
Gelar Pendidikan : STM Brawijaya Mojokerto, Drs, Chemical Engineer from Universitas Sunan Giri, Surabaya east java, and MBA
Resep sehat : Jangan makan yang nggak kamu sukai dan bergaulah dengan orang yang kamu sukai.
Pekerjaan lama : Engineer di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain2
Makanan Favorit : Perkedel kentang
Minuman Favorit : Kopi hitam
Aliran Musik : Reggae
Album: Ijo Royo-royo (1997), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003), dan barang Baru (2004).
Art Community : Teguh Karya, Aquila, Bulungan, dan Taman Ismail Marzuki
Jargon : I Love You Full

Awal Kehidupan Mbah Surip
Mbah Surip dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1949 di Mojokerto Jawa Timur. Dilahirkan dengan nama Urip Ariyanto. Saat ini Mbah Surip berstatus duda dengan empat anak dan sekaligus juga sebagai kakek dengan empat cucu. Menurut pengakuannya Mbah Surip termasuk orang yang senang sekolah, Mbah Surip memiliki ijazah SMP, ST, SMEA, STM, Drs. sama insinyur dan MBA. Selain sebagai penyanyi, Mbah SUrip pernah merasakan pengalaman bekerja di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain-lain bahkan pernah bekerja di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania dan California.

Namun Merasa nasibnya kurang baik, Mbah Surip mencoba peruntungan dengan pergi ke Jakarta. Di Ibukota Jakarta, ia bergabung dengan beberapa komunitas seni seperti Teguh Karya, Aquila, Bulungan, dan Taman Ismail Marzuki. Pada suatu waktu, nasib menentukan lain. Mbah Surip mendapat kesempatan untuk rekaman dan akhirnya meraih kesuksesan seperti sekarang.

Perjalanan di Dunia Musik
Dalam perjalanan musiknya Mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album musik. Album rekamannya dimulai dari tahun 1997 diantaranya, Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan barang Baru (2004). Namun ternyata lagu Tak Gendong diciptakan pada tahun 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat. Menurut Mbah Surip Filosofi dari lagu ini yaitu Belajar salah itu, yang digendong ya siapa saja, entah baik, galak, nakal, atau jahat. Seperti bus, nggak peduli penumpangnya, entah itu copet, gelandangan, pekerja, ya siapa saja. Sebab, menggendong itu belajar salah.Hmm..

Mbah Surip tampil juga lewat video klip “Witing Trisno” karangan Tony Q Rastafara di MTV. Ciri khas dari setiap aksinya di panggung musik yaitu selalu ditemani “Gitar Kopong” nya, menyanyi dengan sangat relax dan nyanyi “ngalor-ngidul” dengan gaya-nya yang khas; kocak, gila, dan bebas ekspresi.

Karakter inilah yang membuat Emha Ainun Najib atau Cak Nun sering menggambarkan sosok Mbah Surip adalah gambaran “Manusia Indonesia Sejati” yang tidak pernah merasa susah, tidak pernah gelisah, tidak pernah sedih dan selalu tertawa, meskipun seringkali di ledek orang Mbah Surip tetap saja tertawa tidak pernah dendam, atau membalas ledekan tersebut. Bahkan terkadang Mbah Surip bingung untuk pulang karena kehabisan ongkos. Hasilnya Mbah Surip mengejawantahkan kesusahannya dalam sebuah lagu “minta ongkos pulang”. Dalam lagu tersebut Mbah Surip bercerita tentang pacarnya, meskipun kita ragu kalau Mbah Surip pernah berpacaran. Pada bait akhir lagunya mbah Surip meminta sesuatu kepada yayangnya (panggilan Mbah Surip kepada pacarnya dalam lagu tersebut)

Yang, boleh ga aku pegang tanganmu ?.. boleh, boleh boleh..
Yang, boleh ga aku cium kamu ?, ..boleh, boleh boleh…
Yang, boleh ga aku minta ongkos pulang ?,… boleh, boleh boleh…

Selain lagu Hit Tak Gendong lagu Mbah Surip lainnya sudah sangat dekat dan bersahabat di telinga Cak Nun dan jamah kenduri cinta, diantaranya: “Bangun Tidur, atau Turunkan harga minyak angin”. Bahkan lagu Tak Gendong sempat di tayangkan video klip nya di stasiun televisi swasta.

Terkadang mbah Surip mambawakan lagu tanpa syair dan tanpa nada dengan judul “diam bersama atau saling memandang” . Namun yang terjadi bukannya penonton diam atau saling memandang malah membuat orang tertawa terbahak-bahak.
Ha ha ha ha I Love you Full !!

 

Ref: (eksplorasi-dunia.blogspot.com)

Hmm… Wangi Semerbak Satai Kocok Afrika

Maret 24, 2009 Tinggalkan komentar

Satai kok dikocok? Ya, potongan daging domba yang berwarna kehitaman ini dikocok dengan bumbu. Meskipun tanpa tusukan, satai yang dimasak dengan bumbu benua Afrika ini memang dahsyat. Rempahnya menyusup sampai ke serat daging, teksturnya empuk dan saat dimakan dengan irisan bawang Bombay. Kres..kres.. makin lekat rasa lezatnya! Udara dingin dan hujan gerimis membuat kemacetan berlarut di sepanjang jalan Casablanca. Dari kaca jendela mobil lambaian banner Satai Domba Afrika berwarna kuning langsung memikat mata. Ya, perut lapar dan udara dingin tentu paling pas dihangatkan dengan satai daging domba. Kesempatan inipun tak saya sia-siakan. Pertama kali saya menyantap satai domba di kawasan Tanah Abang, di warung Haji Ismail. Kedua kali saya menjajal satai domba di Jl. Gajah Mada. Cita rasa eksotik racikan bumbu satai domba ini benar-benar tak terlupakan. Karena lokasinya yang jauh dan selalu macet maka saya tak bisa sering mengulangi kunjungan ke rumah makan itu. Rumah makan ini tampilannya sangat sederhana. Di bagian depan dipakai untuk meracik makanan dan membakar daging domba. Di bagian dalam, di sudut kiri dipakai sebagai tempat meracik minuman dan menggoreng pisang. Tulisan ‘Satai Kocok Afrika’ dan ‘Satai Domba Afrika’ berwarna mencolok dipasang di sisi-sisi dinding. Langsung saja saya memesan seporsi satai domba, sup domba dan pisang goreng mayones. Meskipun menyandang nama ‘satai’ tetapi satai yang satu ini tidak memakai tusuk satai bambu. Ternyata dari info sang pelayan, rumah makan ini merupakan ‘cabang’ dari satai domba di Jl.Gajah Mada yang dikelola oleh orang yang berbeda. Lamat-lamat tercium bau harum daging domba yang sedang di bakar di atas api. Hmmm.. semerbak wangi tanpa kepulan asap yang menyesakkan dada. Sesekali diselingin suara ‘keluthuk-keluthuk’ panci aluminium digoncang-goncang dan diputar oleh tukang masak. Potongan kecil daging domba panggang dikocok dengan bumbu hingga meresap sebelum disajikan. Memang mengolah daging domba dengan cara Mali, Afrika Barat agak lama. Tahap awal daging domba dipotong agak besar kemudian dipanggang dengan bara api sedang, tidak boleh terlalu besar supaya tidak gosong hingga daging berubah warna dan hampir kering. Daging ini lalu ditaruh dalam panci dan dipanaskan agar lemaknya meleleh atau larut. Setelah ini barulah daging dipotong lebih kecil dan dibakar lagi hingga benar-benar tak berlemak, kesat atau hampir kering. Biasanya jika akan disajikan barulah daging bakar itu dikocok dengan bumbu. Satai tanpa tusukan ini lalu ditaburi irisan tipis bawang Bombay yang ditumis setengah layu. Agaknya penjual sudah menyiapkan irisan daging yang sudah empuk sehingga tinggal mengocok dengan bumbu. Karena itu dalam hitungan menit, satai kocok sudah tersaji di meja. Disajikan di atas piring segi empat, irisan daging domba berukuran sekitar 2 cm itu ditimbun irisan bawang Bombay tumis. Terus terang tak menarik selera warnanya kehitaman nyaris seperti hangus. Namun, saat potongan daging domba itu masuk ke dalam mulut, kunyahan pertama langsung terasa empuk, lembut dengan tonjokan rempah; bawang putih, merica, dan ketumbar yang meresap sempurna. Apalagi saat dikunyah bersama bawang Bombay yang renyah, kres..kres..makin lezat melekat di lidah! Yang lebih dahsyat, tak ada lagi aroma ‘prengus’ atau BB domba yang tajam sehingga satai ini lebih cepat masuk lagi ke mulut. Teman makan sate kocok ini adalah pisang tanduk goreng. Di rumah makan ini disajikan dengan kucuran tipis mayones. Sebagai pengganti nasi, pisang tanduk (yang sayangnya agak sepet) ini saya makan bergantian dengan suapan satai domba. Agak aneh tetapi lama kelamaan terasa enak juga. Ada semburat manis dan aroma legit pisang disela-sela rasa gurih kuat daging domba. Sengaja saya tak menambahkan mayones atau saus cabai botolan agar tak merusak rasa alaminya. Sup domba yang panas mengepul disajikan dalam mangkuk sedang. Ada 3 potongan tulang domba berdaging tipis di sela-sela potongan wortel, tomat dan taburan irisan kucai yang menebarkan aroma harum. Potongan gumpalan lemak domba yang putih pun mengapung di permukaan sup bening ini. Rasanya gurih-gurih dengan uap aroma cengkih yang kuat, sedikit jejak merica dan bawang. Sup ini sangat menyegarkan, cocok untuk menemani santapan satai dan pisang goreng! O,ya kalau Anda tergolong penggemar jeroan, bisa memesan satai jeroan domba (hati, usus, limpa). Juga tersedia gulai domba yang berkuah pekat dan kekuningan Untuk menghangatkan tubuh dengan makanan khas Afrika ini harga yang harus saya bayar seimbang dengan kenikmatannya. Seporsi satai kocok Afrika Rp. 35.000,00, sup domba Rp. 20.000,00 dan seporsi pisang goreng mayones Rp. 10.000,00. Nah, kalau sedang terjebak macet di kawasan ini, bersiaplah menghangatkan tubuh dengan satai unik ini!

Sate Domba Africa
Jl. Prof.Dr.Satrio (Casablanca)
Jakarta Selatan (detik.com)

Baca selanjutnya…

Kategori:Kuliner, Uncategorized Tag:

Hello world!

Maret 17, 2009 1 komentar

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Kategori:Uncategorized